Selasa, 20 Oktober 2009

Bersahabat Itu Indah

KITA PERLU MUSUH
Siapapun pasti tidak ingin punya musuh. Lebih asyik punya teman atau sahabat. Tapi bukan berati musuh tudak berguna. Kita juga perlu musuh lho....!!!
Kalau mendengar kata "musuh", bayangan kita hampir selalu negatif.
Sebenarnya banyak hal positif yang bisa diambil saat kita berada pada posisi berlawanan dengan musuh. Karena "musuh" menyimpan potensi-potensi bermanfaat bagi kita, antara lain sebagai berikut:
Jadi Motivator
Kita bisa manfaatkannya sebagai motivator untuk jadi lebih baik karena saat menyadari punya musuh kita akan memperkuat dcemeiri. Misalnya kita ingin punya nilai lebih dibanding musuh kita karena kita nggak dianggap cemen. Makin kita dianggap hebat musuh kita, makin kuatlah diri kita untuk jadi lebih baik. Asyik juga ya...?
Penunjuk Kelemahan
Musuh pasti bersemangat mengatakan kelemahn dan kekurangan kita tanpa tedeng aling-aling. Enak saja misalnya musuh kita berkata "kamu pengecut! Beraninya ngomongin gue dibelakang. Kalau berani ngomong dong sini!!" Diam-diam kita jadi sadar kalau kita berani ngomong dibelakang doang. Makanya kita perlu tuh berterima kasih kepadanya.
Uji Mental
Teman cenderung membuat kita nyaman dan tak ada tantangan. Lain dengan posisi musuh yang membuat kesiapan mental kita lebih tinggi. Lewat musuh kita bisa menguji kemampuan mengendalikan emosi. Kita juga belajar untuk tetap bersikap tepat dalam situasi sulit, serta bagaimana mengelola diri supaya tidak terjebak dalam bad mood.
Mengasah Logika
Bersama teman yang seiring sejalan, kita akan lebih subjektif menilai sesuatu atau diri sendiri. Dengan adanya musuh, minimal kita dipaksa untuk menilai sesuatu dari dua sudut pandang dan kepentingan yang berbeda. kita terpaksa mengasah otak, mencari argumen yang tepat dan mencari pembenaran yang tidak asal menang saja. Dengan begitu wawasan kita makin luas dan makin kritis.
So...banyak kan keuntungan yang bisa disedot dari musuh kita. Makanya rugi banget dong kalau kita cuma mikirin sisi negatifnya saja saat kita punya musuh. Iya nggak...???
Jurus Andalan Menghadapi Musuh
Supaya mendapatkan manfaat dari musuh, kita perlu jeli dan punya strategi yang tepat. Ini jurus-jurus andalannya.
- bila dalam posisi tanding, kita bisa melihat pola-pola serangan musuh.
- bila terdesak, kita bisa jadi sadar bahwa kita masih punya titik-titik lemah
- bila dalam posisi konflik, usahakan untuk mengendalikan diri.
Bila tidak punya "musuh", kita bisa menciptakan "musuh" lewat teman kita. Misalnya, kalau lagi mengomentari sesuatu kita boleh berbeda sama teman. Dari sini akan timbul perdebatan yang akan mencerdaskan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar