Rabu, 14 Oktober 2009

Obat Tradisional


Mahkota Dewa


Pohon mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia yang Pohon berasal dari Papua/Irian Jaya. Di Jawa Tengah dan Yogyakarta dijuluki makuto dewo, makuto rojo, atau makuto ratu. Tanaman atau pohon mahkota dewa ini ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna hijau jika masih muda dan merah menyala jika sudah masak.
Mahkota dewa ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti gatal-gatal, pegal-pegal, flu hingga penyakit berat seperti kanker, diabetes, rematik, serta asam urat. Cara penggunaannya bisa dengan menyeduh bagian kulit, daging, cangkang (batok biji), atau daunnya. Atau bisa dengan merebus terlebih dahulu buah mahkota dewa tetapi tidak menyertakan bijinya.
Kelemahan dari mahkota dewa ini adalah jika menggunakan cangkang untuk dikonsumsi langsung mengakibatkan mabuk, pusing, bahkan muntah-muntah. Juga biji mahkota dewa yang mengandung racun apabila mengunyahnya menyebabkan muntah-muntah bahkan lidah mati rasa.
Oleh karena itu sebaiknya tidak mengkonsumsi biji mahkota dewa sebagai obat dan memasak bagian cangkak terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar